Rabu, 06 Januari 2010

MANFAAT BELAJAR BAHASA ARAB DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang

Bahasa adalah suatu cara yang harus dimiliki oleh setiap manusia untuk saling berkomunikasi antar sesama, terdapat macam-macam bahasa yang digunakan di dunia yang disesuaikan dengan tempat keberadaannya, sebut saja bahasa Inggris, Arab, Mandarin, dan banyak lagi. dengan adanya perbedaan ditiap wilayah negara tersebut, terdapat satu ataupun lebih bahasa yang dapat menghu- bungkan antara sesama, sehingga komunikasi antara masyarakat yang berbeda negara dapat tetap terjalin dengan adanya bahasa yang di sebut dengan bahasa dunia atau bahasa internasional.

Bahasa internasional yang banyak digunakan adalah bahasa Inggris, tetapi belakangan ini telah diketahui juga bahwa bahasa Arab juga ikut berpartipasi sebagai bahasa internasional kedua setelah bahasa Inggris, untuk itu sangat di perlukan dalam mengetahui dan mengenal lebih jauh tentang bahasa Arab tersebut baik secara umum ataupun secara khusus.

1.2 Topik bahasan

Topik bahasan yang akan dibicarakan dan dibahas secara mendalam oleh penulis dalam makalah ini adalah:

a. Tentang pengertian dari bahasa Arab,

b. Peranan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari,

c. Jenis bahasa Arab,

d. Manfaat mempelajari bahasa Arab.

1.3 Tujuan penulisan makalah

Penulisan makalah ini dengan tujuan untuk membahas sejumlah kekeliuran yang acap kali dibuat masyarakat; khususnya yang beragama Islam. Kekeliuran yang dimaksud adalah pemahaman atas manfaat dan keutamaan dari mempelajari bahasa Arab. Seringkali masyarakat menganggap bahasa belajar bahasa Arab, tidak memberikan keuntungan bagi pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Dengan ditulisnya makalah ini semoga masyarakat dapat merubah cara pandangnya dalam menanggapi bahasa khususnya bahasa Arab.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian bahasa Arab

Bahasa Arab adalah sebuah bahasa semitif yang muncul dari daerah yang sekarang termasuk wilayah Arab Saudi, yang dipelajari tidak hanya oleh penduduk di wilayah Arab Saudi saja, tapi juga di wilayah negara lainnya. Karena bahasa Arab merupakan bahasa agama yang digunakan lebih dari satu miliar umat muslim di seluruh dunia, yang selalu diucapkan dalam setiap ibadah sehari-hari. Bahasa ini adalah sebuah bahasa yang terbesar dari segi jumlah penutur dalam keluarga bahasa Semitik.

2.2 Peranan bahasa Arab

Menurut Direktur pendidikan tinggi islam, Departemen Agama, Prof Dr Machasin, di Medan, Selasa (13/10), mengatakan, bahasa Arab mempunyai peranan yang sangat besar dalam kehidupan Muslim di berbagai belahan dunia.

Bahasa ini juga merupakan bahasa hukum islam yang mendominasi kehidupan semua muslim dan digunakan sebagai bahasa kebudayaan islam yang dipakai sebagai bahasa pengajaran dan kesusastraan, pemikiran dibidang sejarah, etika hukum dan fiqih serta kajian kitab dan diajarkan di ribuan sekolah di luar dunia Arab.

Bahasa Arab telah memberi banyak kosakata kepada bahasa lain dari dunia islam, bahasa Arab juga merupakan alat utama budaya, terutama dalam sains, matematika dan filsafah, yang menyebabkan banyak bahasa Eropa turut meminjam banyak kosakata dari bahasa Arab.

2.3 Jenis bahasa Arab

Terdapat perbedaan dalam bahasa Arab yaitu bahasa Arab umum atau bahasa yang dipakai dalam percakapan sehari-hari dengan bahasa Arab tulisan yang digunakan pada tulisan di al-quran atau kesusastraan.

Dengan luasnya wilayah Arab Saudi, tentu juga akan berbeda dialek yang diucapkan pada tiap daerah, seperti juga yang terjadi di Indonesia terdapat banyak perbedaan dialek meskipun sama-sama menggunakan bahasa Indonesia, seperti dialek Jawa, Madura, Sunda dan banyak lagi.

Salah satu faktor yang menyebabkan perbedaan dialek bahasa Arab ialah pengaruh bahasa yang digunakan sebelum bahasa Arab datang.

Terdapat banyak dialek dalam penggunaan bahasa Arab adalah sebagai berikut (wikipedia,2009):

  1. Dialek Mesir : Dipakai oleh sekitar 76 juta rakyat Mesir.
  2. Dialek Maghribi : Dipakai oleh sekitar 20 juta rakyat Afrika Utara.
  3. Dialek Levantine : Disebut juga Dialek Syam. Dipakai di Syria, Palestina, Lebanon dan Gereja Maronit Siprus.
  4. Dialek Iraq : Mempunyai perbedaan khusus, yaitu perbedaan dialek di utara dan selatan Iraq.
  5. Dialek Arab Timur : Dipakai di Oman, di Arab Saudi dan di Irak bagian Barat.
  6. Dialek Teluk : Dipakai di daerah Teluk, yaitu di Qatar, Uni Emirat Arab dan Saudi Arabia.

Dalam penggunaan bahasa Arab hanya memiliki tiga abjad vocal yaitu A, I, dan U dengan penulisan yang dimulai dari kiri menuju ke kanan, bahasa Arab juga memiliki penekanan, yang disebut tashdid. Penekanan tashdid hanya terjadi dikonsonan. Sementara itu, penekanan pada huruf vokal juga terjadi, yang disebut dengan harokat panjang.

Bahasa Arab juga memiliki dua jenis kelamin untuk membedakan mana jenis kata yang termasuk feminim ataupun maskulin, keberadaan keadaan juga berpengaruh dalam tata bahasa Arab seperti masa lampau, sekarang, masa depan, juga kata perintah.

2.4 Manfaat bahasa Arab

Di Era Globalisasi sekarang ini, mungkin masyarakat lebih tertarik dan giat-giatnya untuk mempelajari bahasa Inggris dengan rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mengikuti kursus-kursus bahasa Inggris demi kebutuhan duniawi semata, sehingga tidak banyak tempat yang menyediakan kursus untuk bahasa Arab, sebaliknya untuk masyarakat yang mengerti pentingnya mempelajari bahasa Arab justru semakin menarik minat jutaan penduduk dunia untuk mempelajarinya, karena sebagian istilah Islam berasal dari bahasa Arab. Bahasa Arab juga telah di ajarkan di pesantren-pesantren Indonesia. Banyak Universitas internasional dan beberapa sekolah menengah internasional telah mengajarkan bahasa Arab . Bahasa Arab berkembang semakin luas dengan munculnya software, siaran TV berbahasa Arab, dan pembelajaran online.

Karena itu dapat dikatakan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa yang unik dan sangat menarik untuk dipelajari dilihat dari segi penulisan, tata bahasa, dialek, juga penuh manfaat jika berhubungan dengan agama islam, seperti yang dikatakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah (2008), bahwa bahasa Arab memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan, akhlak, agama. Karena jika seseorang tidak berminat atau sama sekali tidak ingin mempelajari bahasa Arab tentu akan menjadi orang yang bodoh dalam keagamaannya.


BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Dalam pembahasan yang telah dituliskan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa mempelajari bahasa Arab tidak kalah pentingnya dengan bahasa-bahasa lainnya yang ada, bahasa Arab juga mempunyai peranan yang sangat besar dalam kehidupan muslim diberbagai belahan dunia, karena dalam setiap bahasa pasti memiliki manfaat yang dapat di ambil, seperti halnya dalam bahasa Arab, disamping pengetahuan tentang bahasa yang dapat kita ambil, pengetahuan tentang keagamaan khususnya agama islam juga dapat kita pelajari, karena kunci dari al-quran yang merupakan kitab suci dari umat islam adalah ditulis dalam bahasa Arab dan berbeda dengan kitab suci lainnya yang justru harus diterjemahkan keberbagai bahasa tanpa menyertakan teks aslinya.

3.2 Saran

Sebagian besar penduduk di Indonesia adalah beragama islam, maka dari itu sudah seharusnya masyarakat Indonesia mempelajari bahasa Arab dalam upaya untuk memperdalam pemahaman terhadap agamanya, karena mempelajari bahasa Arab tidak kalah pentingnya dengan bahasa-bahasa internasional lainnya, untuk itu demi upaya memajukan bahasa Arab serta memperdalam nilai-nilai keagamaan kita belajarlah bahasa Arab sedini mungkin.

1 komentar:

  1. tulisannya kita copy ya, al_@ tuk jadi referensi. !!!

    BalasHapus